Thursday, January 12, 2012

Trip Manglayang Mountain


assalamualaikum
actually this my old experience, my motivated just share it and documented this file, i hope one day i can remembered again the one  great trip i ever had.


menjadi wajib hukumnya bagi para mahasiwa unpad yang sangat suka olaraga petualangan untuk menaiki gunung manglayang. karena kawasan gunung ini berada tepat di belakang kampus unpad jatinagor. menjadi  tempat pas untuk latihan survive mahasiswa sebelum beranjak ke gunung-gunung besar yang ada di indonesia. sebenarnya maglayang bukanlah gunung hanyalah sebuah bukit yang ketinggiannya kurang lebih 2500. hanya saja apapun manglayang dinamakan yang pasti dalam menaklukannya tidaklah semua apa yang dibicarakan. 


menjadi pengalaman yang berharga dan berkesan pastinya bagi penulis pernah meraskan naik gunung manglayang. diawal cerita kalau tidak salah pendakian dilakukan pada tahun 2009, saat itu penulis beserta team jirapala telah memeprsiapakan pendakian tersebut jauh hari. oh ya sebelum itu penulis akan memperkenalkan dan menjelaskan apa itu jirapala. jirapala adalah suatu organisasi independent anak -anak unpad yang mencintai dan menyukai berpetualang di alam liar. kebetulan ide pencetus dari organisasi ini adalah temen baik dari penulis sendiri. karena anak-anak suka berpetualang kenapa tidak mendirikan sebuah organisasi pencita alam dan backgroundnya mahasiswa. 

penulis juga mau mengatakan sebenarnya cerita pendakian merupakan cerita yang menarik dan panjang, tapi penulis tidaklah mungkin menuangkan cerita secara detail, butuh berlembar-lembar kertas untuk itu, dan pastiny kalu kepanjangan akan malas membacanya he he. mungkin hanya secara singkat dan cepat. tentunya  tidak akan mengurangi arti dari perjalanan itu sendiri.

pendakian saat itu kalau tidak salah dilakukan oleh 9 crew, sialnya pendakian dimulai pada sore hari, dikarenakan ada seorang teman yang datangnya terlambat. sehinga harus menungu terlebih dahulu. pada akhirnya jadilah pendakian di saat matahari terbenam. utunglah hal tersebut bukan masalah karena para cew telah siap dengan peralatan pendakian malam. 

ada hal yang menarik pada pendakian malam saat itu, penulis bersama teman-teman, melewati jalur yang salah, sehinga bisa ditebak perjalanan mendaki pun terasa berat. secara trek pendakian gunung manglayang tidaklah jauh dari gunung-gunung secara umum. jalan berbatu, becek dan di lumuti lumut disekitar dan hamparan pohon yang padat di sisi-sisinya. tapi syukur alhamdulilah pada tepat jam 2 malam kalau tidak salah, penulis dan teman teman sampai di puncak. 

seperti layaknya puncak-puncak gunung pemandagan yang indah tersaji diatas gunung ini. sinar bintang dan suara binatang malam, memperindah suasana, badan yang lelah terasa hilang melihat pemandangan yang begitu menajubkan. walaupun cuaca dingin khas pegunungan hal tersbut menjadi biasa bila mana tersaji minuman hangat. sungguh hal yang tak akan dapat dibeli dengan uang melihat pemandangan dan kebersamaan dalam pendakian tersebut. penulis pun bersukur hal ini menjadi pengalaman berharga. setidaknya penulis telah menyelesaikan wajib mendaki bagi mahasiswa unpad di gunung manglayang. ha ha ha

makan -makan
pasukan gak jelas
mejeng dikit
pasukan jirapala

No comments:

Post a Comment