Saturday, November 5, 2011

kampung inggris pare kediri jawa timur

assalamualaikum

thanks you so much dude, you merely devide your time to take around my artikel. obvioustly this is my experiance, i mean my old experiance. i just wanna share for everybody to be set up for the first before go to the pare kediri. like guide to you to be prepare face the war, lol yah that such excessive. i hopeness this artikel can be hot artikel and get positip respone.......allow me to bring you dude to read my artikel, just enjoy for the while. oh ya dude, dont forget to be leave comment, it so apreciate.   

dewasa ini memang menciptakan suatu kompetisi persaingan yang ketat, jadilah setiap orang berlomba-lomba untuk meningkatkan kapasitasnya dan menumbuhkan soft skillnya. bahasa inggris merupakan syarat mutlak yang harus bisa dikuasai oleh setiap individu untuk bersaing. dan bukan rahasia umum bahwa bahasa inggris mejadi hal yang sulit dipelajari di kalagan masyarakat indonesia.

di jawa timur terdapat suatu kampung tepatnya di daerah kediri,  dan lebih specipiknya di pare. disana terdapat kampung yang dipenuhi oleh berbagai macam kursus bahasa inggris. dan tentunya memberikan fasiltas kepada setipa orang yang berminat untuk stay di sana dan belajar penuh bahasa inggris. secara singkat, disana memberikan pelayan yang boleh dibilang cukup lengkap, di sana disediakan kosan bahkan camp kepada setipa siswa yang ingin memperdalam dan fokus belajar bahasa inggris.



penulis hanya mau membagi pengalaman kepada setiap orang tentang bagaiman sih berthan, survive, adaptasi, dan belajar. yang baik di kampung inggris tersebut. harus diakui penulis juaga stay di sana hanay 1 bulan. tetapi banyak pelajaran dan pengalaman yang didapat. dan sangat sayang bila pengalamn itu hanya di pendam dan tidak di bagikan kepada setipa orang.

persiapan :
1. persipkan uang, hal sangat penting. pastikan budjet yang dimiliki bisa menunjang dan mensupport untuk survuve di sana. kalau untuk nominal sendiri sulit diperkirakan, tapi sebanyak uang yang dibawa kalau orangnya tidak dapat memanage keuangan, yah pastilah uang itu terasa sedikit.

2. tentukan dulu niat kita di sana, bermian, hanya liburan, sekdar ngisi waktu luang atau bener-bener fokus belajar. hal ini menjadi penting dikarenkan akan memberikan dorongan motivasi kita disana dan tidak salah langkah dan akhirnya hanya menghamburkan uang dan waktu dan akhirnya tidak mendapatkan apa-apa.

3.berpikir positip. banyak orang yang beranggapan bahwa ia tidak bisa bahasa inggris sama sekali dan akhirnya menjadi takut dan malu untuk belajar ke sana. perlu ditegaskan setiap orang yang belajar di sana adalah orang-orang secara kemapuan bahasa inggris sangat kurang, jadi jangan patah arang, kalah sebelum bertandiing. percaya diri saja bahwa memang bahasa inggris bukan bahasa kita, dan kalau kita tidak bisa itu merupakan hal yang wajar dan tetap melaju saja untuk terus belajar.

4. hati- hati, dalam bertransaksi sesuatu, kalu mungkin dimungkinan anda bisa berbahasa jawa itu lebih baik. dikarenkan banyak pedagang yang mengunakan kesempatan kepada orang asing yang mengunakan bahasa bukan bahasa jawa. menaikan harga. jadi jangan ragu untuk menolak dan menawar jika anda dalam melakukan transaksi sesuatu.

5.barang bawaan, menjadi hal yang lucu bila kita melihat banyak orang pergi ke pare denga membawa barang bawaan yang sangat bayak, dan kadang barang bawaan yang tidak perlu dibawa, pastikan barang yang dibawa memang perlu dan sangat membantu anda dalam belajar disana.

6.mental, suatu yang sangat perlu diperhatikan. menurur pengalaman penulis, banyak orang-orang yang gak kuat mental di sana. maksudnya mereka tidak bisa beradaptasi di sana, merasa bosan, kurang semagat dalam belajar. dan akhirnya mereka memilih mundur dan pulang lebih awal sebelum proses balajar berakhir. ha ini sebanding lurus dengan niat anda datang ke sana.

7. kesehatan, penulis akui bahwa hal ini harus mendapat porsi perhatian yang khusus, dikarena kan menurut pengalamn penulis yang harus sakit selma 4 hari disana, menjaga kesehatan dengan tidak terlalu capek dan mengkonsumsi makana sehat menjadi penting. dan sedikit tambahan kalau dirasa perlu memakan obat multivitamin sebagai peningkat daya tahan tubuh. 

hal yang menarik :
1. bagi anda yang baru pertama datang ke pare, pastilah harus bisa beradaptasi dan mengikuti nilai dan norma yang ada di masyarakat disana. tapi hal tersbut menjadi sangat menarik dan merupakan pengalaman yang baru. untuk anda bisa belajar dengan lingkunga yang baru dan menambah wawasan anda

2. tempat baru dan tentunya teman yang baru, anda pastinya banyak menemuhi orang-orang di berbaga daerah disana, jadikan hal ini menjadi khasanah belajar anda dan tentunya menambah teman 

3. disana anda akan mencoba belajar menjadi pribadi yang sederhana dan menyatu dengan alam biasanya anda hidup dengan serba ada, coblah untuk belajar sederhana secara langsung ini dapat melatih kepribadaian anda.

4. sepeda, penulis sarankan pada saat awal di sana, segeralah untuk menyewa sepda, jangan ragu untuk menawar dengan pedagangnya. mengunakan sepada menjadi hal yang mengasikan disana, sebab selain sehat bagi tubuh, kendaraan ini menjadi suatu kendaraan wajib bagi orang yang mau belajar disana. jalan jauh menjadi ringan karena mengunakannya.

5.makan, boleh dibilang untuk ongkos makan di apre relative lebih murah, ini pengalaman penulis bila di bandingkan ongkos makan di bandung, di pare jauh lebih murah. tetapi hal inti menjadi sangat relative, tergantung dari si individunya sendiri bagaiman ia menyesuaikan ongkos makannya dan mengatur biaya konsumsi di sana.

6. sambil menyelam minum air, karena banyaknya orang berbagai daerah di sana, dan tentunya berbagai karakter, kenapa anda tidak sekalian mencari kecengan/teman dekat.   

7.bisanya di tempat kursus di akhir pekan menawarkan paket liburan, kalu anda memiliki uang lebih kenapa tidak mengikutinya dan merefresh pikiran untuk sejenak

hal yang mesti diperhatikan :
1.setelah anda sampai disana pilihlah paket apa yang anda cari apakah anda mau mengambil grammer, prouncation, speaking atau TOEFEL, itu tergantung dari keperluan anda. penulis sarankan kalau anda memang dengan niat sunguh-sunguh belajar dan merencanakan study secara lama sekitar 3 bulan atau lebih. sebaiknya anda harus fokus dari step awal saja.

2. tentunya saat anda di sana anda harus mentukan anda mau tinggal dimana, bila anda orang yang suka bebas dan tidak mau dikekang aturan silakan mencari kosan, dan bila anda benar-benar ingin belajar dengan atmospher mendukung pilihan camp menjadi solusi.

3.waktu study, anda harus memperkirakan bujdet dan waktu study anda, mungkin dengan waktu anda hanya 1 bulan belajar di sana, bisa menimbulkan motivasi untuk belajar lebih dan anda kan melanjutkan studi anda secara mandiri dengan belajar otodidak. yang terpenting adalah setelah anda pulang dari pare anda mendaptakan pengalaman dan semagat untuk belajar dan fokus akan bahasa inggris.

4.secara umum tempat kursus yang ditawarkan adalah sama, entah itu dia sudah lama berdiri ataukah dihuni oleh staf yang berpengalaman. hal itu menjadi pudar dan tidak berarti kalau dari diri anda sendir tidak di motivasi untuk fokus belajar. jadi kesimpulannya setiap kursus disana itu  sama baiknya, ini tergantung anda sendiri, pihak kursus hanya mengajari dan untuk bisa memahami dan mengaplikasikan ilmu tersebut adalah diri anda sendiri.

5.sebenarnya tidak ada jaminan. bahwa, bila anda pulang dari pare anda kan mahir berbahasa inggris, jadi manfaatkan waktu yang sangat sebentar untuk mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya di sana.

6.di massa liburan tidak dipungkiri di pare bermunculan kurus-kursus, kos, dan champ dadakan, sebenarnya hal tersbut biasa terjadi, hanya saja kalau anda sebagai pelancong awal diharapkan berkonsultasi dahulu dengan kerabat atau teman yang pernah menimbah ilmu di sana.

note :
artikel ini tidak dimaskudkan untuk mempromosikan ataupun mengkomersilkan sesuatu di kampung inggris pare kediri, ini hanyalah sebuah artikel berbagai pengalaman kepada setiap masyarakat indonesai yang ingin memperdalam bahasa inggrisnya dan penulis hanya menawarkan solusi bahwa ada tempat yang kondusip dan propespektip untuk menimba ilmu. semoga bermanfaat 
















4 comments:

  1. Dear mas abil vareszah. Saya tertarik sekali untuk belajar bahasa inggris di pare. Cuman saya masih kurang jelas mengenai rincian secara detail harga untuk kos / camp disana. Dan program apa saja yang harus saya ambil untuk pemula yg prediksi waktu belajarnya paling cepat 3 bulan dan paling lama 6 bulan. Jadi saya harus planing pengeluaran perbulan untuk kursus,kos/camp, makan, kebutuhan hidup disana dll. Tolong dibalas ya. Thanks before

    ReplyDelete
  2. Please kindly re-check your grammar. The article is pretty nice anyway. Thanks for the info.

    ReplyDelete