Tuesday, January 10, 2012

Hemat vs Pelit

assalamualaikum
alright, this article is my opinion, i am just interested how the fucking diffrent perpective between stingy and skimp.lol



dari dahulu mungkin sering kita mendengar apa itu pelit dan apa itu hemat, kedua saling beririsan dan sulit untuk dibedakan apa sebenarnya yang membedakannya. karena hal tersebut hanya diketahui pasti oleh orang yang melakukannya. oleh karena itu untuk bisa memberikan batas perbedaan kita harus melihat contoh ilustrasinya.

orang yang bisa dikatakan pelit adalah  seseorang yang memiliki sumber daya baik itu materi, benda, jasa. dimana ia berpikiran bahwa sumber daya yang ia miliki tidak perlu dipergunakan dan apabila itu dilakukan apa konsekuensi yang saya dapatkan dan apa untungnya. dan lebih baik jika memanfaatkan sumber daya lain yang lebih mudah dan tidak akan meperkecil nilai sumber daya yang dia miliki.

contohnya. budi dan andi adalah teman bermain, suatu pagi budi  berencanana pergi ke kampus jarak kosan dari kampus memang sedikit jauh. dan untuk mencapainya diperlukan kendaraan tranportasi  motor. budi memiliki motor begitu pula temannya andi, si budi yang memiliki sumber daya tranposrtasi motor tidak ia gunakan dengan alasan pertimbangan seperti :  gak ada bensinlah, motor baru dicuci takut kotor terkena hujan,dll. akhirnya si budi meminjam motor si andi untuk pergi ke kampus. si andi yang kebetualan orang baik, dengan rela meminjamkan motornya.


dari contoh diatas dapat dilihat si budi orang berwatak pelit, ia memiliki sumber daya, tapi ia tidak mau mengunakan sumber dayanya dan akhirnya dengan pertimbagan -pertimbangan ia memutuskan meminjam saja sumber daya orang lain. jadi intinya orang pelit adalah seseorang yang memiliki sumber daya/mampu tapi kemampuannya tidak ia gunakan dan ia lebih baik mengunakan sumber daya orang lain. ha ha

kemudian kita beralih ke hemat, sebelum kita membahasnya mari kita lihat definisi menurut penulis. hemat adalah sesuatu keadaan  dimana seseorang  berperilaku, bertindak dan berpikir secara detail dan memperhitungkan secara matang. ia memikirkan apa manfaatnya, apa akibatnya, dan apa itu realistis untuk dilakukan. ditinjau secara komperhensif dan dilakukan secara bijak dan logis.

mari kita liat contoh sederhana. jono dan mamat siang itu merasa sangat lapar, dikarenakan aktivitas kampus yang padat dari pagi. mereka berdua pun bergegas mencari warung makan. secara financial jono dan mamat adalah orang yang berkekuatan financial yang biasa, tidak banyak dan tidak sedikit. hanya saja perbedaan financial jono dan mamat terlihat saat mereka mempergunakan uang mereka.

jono yang memang tidak peduli saat makan, pokoknya makan aja asal perut kenyang. tidak memperhitungkan apa yang dimakan, maanfaatnya untuk tubuh, dan kesehatan apa dan uangnya cukup atau tidak. si jono memesan nasi dengan lauk ayam, tahu, tempe, ati ampela dan teh manis. sedangkan mamat orangya sangat detail memperhitungkan segala sesuatu. ia tahu bahwa di siang hari memerlukan karbonhidrat yang banyak sebagai energi dan protein di tambah sayuran hijau, maka ia hanya memesan nasi (karbonhidrat), telor dan tempe (protein), dan sayur hijau (vitamin), dan hanya meminum air putih. 

tentu saja bila dilihat porsi makan dan uang yang harus dibayarpun si mamat lebih murah. tetapi dari perhitungan dan kondisi dan sumberdaya yang ia miliki ia bertingkah laku hemat. sedangkan si jono makan dengan banyak sekali variasi lauk pauk tapi ia tidak mengetahui dan memperhitungkan apa yang ia dapatkan dari konsumsi tersebut. dan kebiasaan makan sambil minum air teh adalah tidaklah baik. dari hasil contoh diatas bisa dilihat bahwa berprilaku hemat adalah bertindak secara detail, bijak dan logis. dan tentunya ia mengunakan sumber daya ia sendiri tidak mengunakan sumber daya orang lain.

kesimpulan
penulis juga tidak bisa memberikan penjelasan pasti tentang apa beda pelit dan hemat, articel diatas hanya berupa opini, tidak ada tinjauan akademis yang melatar belakanginya, hanya berupa pengalaman dan observasi di lingkungan sekitar. tapi secara singkat dapat diketahui: 

pelit adalah orang yang memiliki  sumber daya tapi ia tidak gunakan sumber dayanya dan memilih memakai sumber daya orang lain.

hemat adalah orang yang memilki sumber daya dan ia mengunakan sumber daya tersebut tetapi dalam melakukannya ia berhitung cermat dan detail, apa manfaatnya, apa akibatnya, dan apa hal tersebut memungkinkan dilakukan................

perlu dingat tiada yang tahu pasti orang itu pelit atau hemat, yang tahu hanya orang yang melakukannya sendiri.....................jadi apakah anda hemat atau pelit????????????

No comments:

Post a Comment