Thursday, November 3, 2011

pemain muda indonesia


assalamualaikum

honestly this just my opinion about condition youngster indonesian player, in fact we have lot potensial youngster in indonesia, so why the nasional team cant be talk more in level world competision. yeah we must realize and awake indeed many factor and problem have make the youngter can be develop and be profesional. this way i just wrote about factor why this problem can be happen and how the solution. let shut up and read  dude.....

bila kita ingin membangun timnas yang bisa berbicara banyak di level dunia, hal tersebut sebanding lurus dengan faktor pembinaan pemain  muda. pemain muda merupakan tulang punggung untuk keberhasilan timnas. sebenarnya keberaadan pemain muda indonesia, memiliki bakat-bakat yang bagus, rata-rata pemain muda indonesai yang berumur dibawah 17 tahun memiliki prospek yang cerah.

kalau kita melihat kiprah pemain muda indonesai yang berlaga di danone nasional cup championship beberapa tahun belakangan ini, sangat membanggakan. walaupun tidak juara tapi pemian muda kita ternyata tidak kalah dengan pemian muda negara lain yang memiliki reputasi baik. bahkan mereka bisa mengungulinya. hal tersebut hanyalah contoh sedikit yang mematakan angapan bahwa bumi ibu pertiwi ini tidak bisa melahirkan pemain-pemain berkualitas.



di kalangan masyarakat indondesia dewasa ini tercipta suatu opini, yang boleh dibilang sangat miris. yaitu dari ujung sabang sampai maroke tidak bisa menciptakan 11 pemain yang berkualitas. sebenarnya banyak faktor yang bisa menjadi sebab. di bawah ini hanya faktor menurut penulis, penulis hanya salah satu dari berjuta-juta fan timnas yang ingin melihat timnas bisa berprestasi.

1. pemain muda indonesia kurang diberi kepercayaan dan support dari club untuk bisa tampil reguler.

2. banyaknya pemain asing yang bermian di indonesia, menyebabkan kurangnya porsi bermain pemian muda  dan tentunya berdampak pada kematangan si pemian muda.

3. materialisme, tidak dipungkiri pemain indonesia yang sedang berkembang, cendrung lebih mementingkan pendapatan. di saat mereka di top performance mereka akan terbuai dan lupa dan akhirnya tidak dapat menjaga performancenya. mungkin contoh seperti pemain luar adriano (brazil), di saat berada di top performance dan digadang-gadang menjadi striker paling berprospek, ia terbuai dengan gemerlap kehidupan dan akhirnya penampilannya redup karena terbuai akan "materialisme"

4. attitude, hal ini juga berpengaruh kepada pemain muda indonesia, bila pemian tersebut bisa menjaga atitudenya kemungkinan ia bisa berkembang. banyak pemian indonesiayang kurang dalam hal ini, contohnya seperti berkelahi dengan pemian lain, membully wasit, berprilaku kurang sportif dll.

5. kurangnya kompetisi di tingkat junior seperti U12, U15, U17, U21, dan tidak mengejutkan bahwa bakat pemain yang yang ditempa dari level junior kan lebih matang ketika ia berlaga di level senior.

6.profesional, mungkin hal tersebut masih di upayakan untuk bisa tumbuh di kalngan pemain muda indonesia. dewasa ini kita memang sering melihat pemain muda yang mangkir dari latihan, berprilaku yang kurag wajar dan bahkan melawan wasit dan pelatih.

faktor diatas hanyalah opini dari penulis, emang secara real masih banyak faktor yang berpengaruh. tapi harus di garsi bawahi penulis hanya ingin menyampaikan gagasan. marilah kita berdoa dan berusaha bersama untuk membangun sepak bola indonesia agar bisa lebih berprestasi di kemudian hari.......amin

No comments:

Post a Comment