Wednesday, November 2, 2011

pemain asing di indonesia



assalamualaikum. hi dude, i am so happy you have time to read my articel again, so apreciate it. actually this articel is not special isue, even  i thought is classic. basically i am huge fan football couse it i wrote  and did you know i am get  very care about the future indonesian football team. my expectation also same with all indonesian society to see garuda could be achievement in the world. it just my opinion dude, literally idont wanna be offance about this. let see dude...

berbicara tentang timanas indonesia merupakan suatu hal yang tidak ada habisnya untuk di perdebatkan. prestasi merupakan hal yang sangat dirindukan insan sepakbola indonesia. tapi, kenyataannya memang indonesia masih harus lebih berjuang lagi dari akar rumput sampai tingkat pemerintah untuk bersinergi bahu membahu membangun timnas yang bisa berbicara banyak di level dunia.



hal yang sering banyak diperdepatkan banyak orang adalah pemain asing yang bermain di liga indonesia, harus di akui peraturan PSSI yang mengizinkan suatu club mengontrak sampai 5 pemain asing sangat memberatkan dan menghambat bibit pemain muda indonesia untuk berkembang. bukan rahasi umum, bahwa pemain asing menempati posisi penting di squaad line up di setiap club. dan tentnunya, hal ini membuat bibit pemin muda kita harus gigit jari hanya menjadi pemain cadangan terus menerus.

pemian muda kita rata-rata hanya diberi porsi sedikit untuk bermian, hal inilah yang membuat pemain muda kita kurang bisa berkembang. dan kita pun tidak menutup mata bahwa pemain asing yg bermin di indonesai itu, banyak yang jelek secara kualitas dan attitude bermain. memang latar belakang PSSI membuiat kebijkan 5 pemain asing setiap club. untuk meningkatakn kualitas sepakbola indonesia dan menjadikan pemain asing sebagai panutan. tapi kenyatannya,  banyak pemain asing yang bahkan berbuat ulah yang akibatnya merugikan club itu sendiri. apalagi dengan seringnya club-club  indonesia tertipu akan kulitas skill pemain asing. dengan gaji yang tinggi tapi kualitas kurang baik bahkan lebih baik anak muda inidonesa yang lebih berkualitas.

bukan rahasia umum banyak pemian asing hanya bermodal nekad untuk mencari kontrak di club indonesia, mereka mengetaui bahwa club indonesia hanya melihat pemian secara instan, hal tersbut menjadi celah pemian asing kualitas bodong untuk mencuri uang dan menghambat pemain muda indonesia berkembang.

kalau kita lihat negara tetanga malaysia mereka telah menerapkan kebijakan. setiap club tidak diperbolahkan mengkontrak pemain asing dan lebih memproritaskan pemain muda untuk lebih tampil dan hasilnya jelas. malaysia menjadi juara pada sea games dan jurara pada piala AFF.

seberanya hal ini telah lama diketahui oleh pemerintah kita khusunya PSSI tapi memang dalam mengambil keputusan merubah tidak bisa secara langsung dan tanpa pemikiran masak, harus melalau proses. tapi saatnya kita menerpakan kebijakan tersebut. untuk memperkecil pemain asing di inonesai mungkin 2-3 pemain cukup atau lebih berani tidak ada pemain asing semua pemain asli indonesia.

apalagi kalau pemain asing memang  bisa di batasi, akan memberikan dampak positip seprti keuangan club tidak akan terlalau terbebani karena gaji yang tinggi pemain asing tapi kualitas bodong. dan juga akan memberikan porsi pemain asli pribumi tampil akan lebih banyak.

kesimpulan
sebenarnya kualitas pemain indonesia tidaklah buruk, hanya saja memang keprcayaan dan kesempatan untuk tampil memang sangat kurang diberikan. sehinga, bakat mereka tidak bisa terasah.  kita lihat persipura rata-rata mereka mengunakan pemain asli putra daerah papua dan tentunya hal tersebut sebanding lurus dengan prestasi yang didapatkan mereka menjadi juara dalam liga indonesia dan menjadi team class atas di indonesia.

tidak memunafikan pemian asing memang perlu ada di club indonesia, hanya saja quotanya harus di perkecil menjadi 2-3 orang cukup atau bahkan dihapuskan semua, itu lebih baik.  juga PSSI harus membuat kebijakan perketat kualifikasi tentang peman asing. dengan menerpakannya pemian asing yang bermian di indonesia haruslah pemain yang bergrate A dan memilki tred record yang baik, tentu hal tersebut bisa meperkecil dan memfilter pemain asing yang ada di indonesia dan memang mendapatkan pemain yang berkulitas.

masyarakat indonesia merupakan fan fanatic sepakbola dan diharapkan nantinya  timanas kita bisa berprestasi di level internasional.....amin

No comments:

Post a Comment