Sunday, April 1, 2012

Musim Duku

assalamualaikum
buah duku, setiap orang pasti mengenalnya, buah yang  berbentuk bulat kecil, dan rasa yang manis. membuat setiap orang ketagihan memakannya. apalagi dengan harga buah yang murah. buah ini menjadi buah favorit yang merakyat. tidak perlu diragukan lagi banyak penelitian ilmiah yang mengatakan bahwa banyak manfaat yang di dapat ketika seseorang mengkonsumsi buah duku. mungkin secara umum saja adalah dengan memakan buah duku pencernaan kita menjadi lancar dan kekebalan tubuh akan terjaga. 



ada yang menarik setiap tahunnya terjadi di sumatra selatan, hal yang menarik itu adalah dalam satu tahun terjadi suatu musim buah. ya musim buah duku. dalam periode satu tahun  sekitar bulan februari sampai april buah duku mengalami musimnya. sudah menjadi rahasia umum kalau daerah sumatra selatan merupakan produsen buah duku yang baik dan unggul. buah yang besar dan manis menjadi ciri khasnya. 



di daerah sumatra selatan secara umum banyak yang menjadi pusat atau tempat produksi buah duku. salah satu tempat yang mungkin tidak asing dan cukup terkenal bagi para pencinta buah duku adalah daerah komering. khsususnya di daerah komering, daerah ini menjadi daerah sentral pengekpor buah duku.  tidak aneh bila banyak penjual memberi label duku "komering " untuk jualannya, harus diakuai  memang daerah tersebut merupakan daerah produksi buah duku kualitas unggul.

daerah komering yang memeng menjadi pusat daerah produksi buah duku bahkan buah-buahan lainya, harus diakuai memang  daerah ini memiliki iklim yang cocok untuk penanaman buah duku, di daerah sana yang curah hujannya cukup tinggi, tanah yang subur, sinar matahari penuh, apalagi intentitas air yang berlimpah akibat di aliri banyak anak sungai.

penulis pernah bertanya kepada orang komering yang memiliki kebun duku, dan ia bilang biasanya kebun duku yang ada di daerah komering merupakan pohon buah hasil dari nenek moyang puluhan tahun yang lalu. kemudian orang komering itu bilang begini ;sebenarnya menaman buah duku tidaklah mudah seperti menanam buah lainya,  untuk mendapatkan kulitas buah duku yang baik diperlukan waktu sekitar 25 tahunan atau lebih untuk dapat menghasilkan buah duku, itupun proses penanaman dilkaukan secara tradisional. tapi perlu dicatat pohon duku dapat hidup sampai puluhan tahun atau bahkan ratusan tahun, semakin tua pohon semkin banyak buah yang dihasilkan dan semakin baik kulitasnya.

bisa dibayangkan bahwa kita harus menuengu sampai begitu lama untuk mendapatkan buah yang baik, pernah penulis bertanya apakah tidak ada buah duku yang dicloning atau di modifikasi untuk lebih cepat berbuah? orang komering bilang memang ada ada buah duku yang dapat berbuah sekitar 15 tahuan lebih tapi hasil buah yang didapat tidaklah baik, kualitasnya buruk dan kuantitasnya tidaklah sama dengan pohion buha duku yang ditanam secara tradisioanal.

ada ritual yang unik terjadi bila musim duku tiba, biasanya suatu keluarga yang memiliki kebun duku, pada saat musim berbuah tiba, seleruh keluarga berkumpul bersama dan memanem buah duku bersama, dari mulia kakak, adik, paman, bibi, sepupu, nenek, kakek dan banyak lagi, semua datang dan menikmati buah duku hasil dari peningalan buyut.  menjadi suatu ritual khusus bahwa setiap buah duku yang di panen harus lah dibagikan ke setiap keluarga untuk mencicipi hasil dari bumi. dan seperempat hasil panen di sedekahkan.

sebenarnya secara umum apapun musim buah yang terjadi entah itu buah duku, duren, rambutan, dll. semuanya menjadi hal yang menarik, hanya saja esensinya adalah buah -buah tersebut merupakn buah asli indonesia yang harus dijaga dan terus dilestarikan. selamat sejahtera untuk buah dukunya. ciao.......
buah duku yang baru di panen

memetik buah duku lanfsung dari pohon merupakan hal yang menarik

No comments:

Post a Comment