Sunday, April 1, 2012

Radio Show TV One

assalamulaikum

semenjak kemunculan program radio show di tv one, setiap malam pastinya banyak anak muda pencinta music indonesia yang rela tidur malam atau begadang untuk menyaksikan acara ini. harus diakui acara ini tayangnya larut malam, kalau bukan music holic mungkin meningalkan pergi tidur dan tidak meyasikkan acara ini.


awal kemunculan program ini memang secara konsep agak tidak biasa dari berbagai macam acara music di siaran tv nasional lainnya. bila pada umumnya acara music di tv yang sedang booming,  di lakukan di pagi hari dengan dibawa oleh beberapa pembawa cara yang cenderung banyak dan di bumbuhi sedikit lawakan.tapi di radio show acaranya menekankan essensy dari radio itu sendiri, dimana orang  memutar radio ingin mendapatkan informasi bermanfaat dan mendegarkan musik yang berkualitas.

Di awal kemunculan sebenarnya program ini tidak ubalah seperti program yang mengadaptasi program di radio konvensional, tapi agak di beri sedikit perbedaan. apabila kita mendengarkan radio hanya suarnya saja, kalau radio show suara penyiar dapat didengar dan muka penyeiarnya langsung bisa di lihat juga. apalagi pembawa acaranya adalah pembawa acara radio yang telah lawas. siapa yang tak kenal Om sis, ia murapakan penyiar radio senior dan tak perlu diragukan lagi kapasitasnya, ia telah lama melintang sebagai peyiar radio. tapi sayangnya sekarang-sekarang ini om sis tidak lagi menjadi penyiar radio show perannya digantikan oleh sandy pas band. tapi walupun begitu hal tersebut bukanlah masalah asalkan program ini akan tetap terus exist dan menampilkan music-music yang berkualitas. itu yang menjadi harapan pencinta music indonesia


banyak hal yang menarik di radio show, salah satunya adalah ketika menonton radio show, pastinya para pencinta music akan melihat lagu-lagu yang diputar merupakan lagu- lagu jadul atau lawas. hal ini menarik karena kita bisa bernostagia melihat bermacam-mcam lagu lawas berbagai macam genre yang menjadi kiblat music dari tahun ke tahun. berbagai macam aliran music di radio show di tampung, di tampilakn para band-band legendaris yang menginfluence banyak band pada zamannya di putarkan videonya. band-band seperti led zepplin, motorhead, metalica, nirvana, weezer, sonic youth, GNR ,  the beatles dll. semua pernah ditayangkan videonya.

suatu yang keren yang menjadi point utama mengapa radio show menjadi acara wajib bagi music holic.  karena  hal yang tidak biasa dari radio show dan merupakan kekuatan penting dari program yaitu kebiasaan radio show menampilakn band-band indie indonesia, kata radio show berkata : "mereka merupakan band-band yang berkualitas menegakan idealisme mereka dalam bermusik, mereka tidak tergantung dari pasar", music adalah suara hati bukan suara tuntutan pasar". hal inilah mengapa banyak orang rela begadang untuk menonton acara ini. karena radio show menampilakan band-band yang jarang tampil di tv tapi tampil di tv untuk memberikan live perfomancenya.

kita ambil contoh the sigit, band ini tidak diragukan lagi musicalistas mereka, lagu-lagu mereka sunguh dasyat, gaya bermusik dan keorisinal mereka juga keren. lagu -lagu mereka mendaptkankan tempat di hati para pencinta music indonesia. hanya saja mereka jarang tampil di acara tv dan lebih mirisnya banyak orang yang tau lagu the sigit tapi tidak tau personil bandnya, hal itu menjadi hal yang lucu. tapi di radio show band -band fenomenal seperti di sigit di berikan ruang dan tempat untuk berexplorasi. sehinga mereka mendaptkan wadah untuk menmpilkan langsung personilnya.

sebenarnya banyak band kualitas super di indonesia, tapi hanya saja keberadan mereka tidak terexpose oleh media-media, media banyak berdalih music mereka tidak cocok di tampilakn di tv terlalu keras, tidak sesuai pasar, pastinya banyak alasanya. tapi di radio show band-band tersebut di munculkan di expose dan di berikan apresiasi. apapun genrenya asalkan memiliki album dan memiliki keunikan dalam bermusik pasti akan diundang main di radio show. di situlah hal yangmenjadi nilai plus acara ini.

harus diakui juga  ada hal yang luar biasa terjadi semenjak adanya acara radio show. kalau penulis pergi kekampus pada pagi hari, pastinya banyak orang yang mengobrol dan mengomentari acara tersebut yang tayang tadi malam. siapa artis yang perfom, lagu apa yang dimainkan, dan banyak lagi. yang intinya radio show merupak topic perbincangan yang menarik di bahas. jadi boleh dikatakan acara radio show telah mendaptkan tempat di hati pencinta music indonesia.

terus maju music indonesia........ciao

No comments:

Post a Comment