Tuesday, March 6, 2012

Keadaan Kota Palembang Sekarang

assalamualaikum
banyak peristiwa yang terjadi banyak pula catatan tinta sejarah terjadi. begitu pula dengan perkembangan kota palembang dari waktu ke waktu. banyak kejadian penting yang terjadi menciptakan catatan sejarah emas bagi kota Palembang. perkembangan kota palembang dewasa ini memang bisa dikatakan bergerak pesat. dimulai pembangunan insprasuktur, pebangunan fasilitas publik, dan pengunaan  teknologi terbaru telah sedikit banyak merubah wajah kota Palembang.



menurut hemat penulis pembangunan pesat kota Palembang di mulai ketika ditunjuknya kota Palembang menyelengarakan PON (pekan olaraga nasional) kemudian ditunjuknya kembali kota Palembang sebagai salah satu tuan rumah penyelengaraan Sea Games. penulis ingat betul saat itu pembanguan kota palembang sangat pesat dilakukan untuk menunjang dan mensupport event olaraga  tersebut. pembangunan insprakstruktur dilakukan, akses jalan di perlebar, hotel- hotel berlebel bintang asing di bangun, akses fasilitas umum di tingkatkan,  serta yang menjadi kebanggan kota palembang adalah dibanguannya sport center jakabaring, dll. 

boleh dikatakan kota palembang dewasa ini telah bergerak ke arah metropolitan. hal tersebut bisa dilihat dari arus peredaan uang yang terjadi di masyarakat sangat cepat. laju pertumbuhan ekomomi kerakyatan bergerak maju. banyaknya investor asing menanam modal. tentunya dengan hal postip tersebut ujungnya bermuara  kepada sejahtera masyarakat Palembang itu sendiri.

tentnya adanya perubahan pasti terjadi namanya dampak positp dan negatip bagi kota palembang sendiri, kalau berbicara tentang nilai positpnya pastilah hal yang merujuk kesana adalah berkembangnya ekonomi rakyat serta laju penanaman modal asing yang secara langsung membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat kota palembang. tapi,  bila kita lihat sisi negatipnya. kota palembang mulai terjangkit virus macet kemudian pemangunan yang abal-abal tidak berbawasan lingkungan, serta di tumbuhinya banyak ruko-ruko yang hadir di setiap pingir jalan dan pastinya pembanguannya asal jadi (semerawut).

khusus masalah ruko, penulis tidak tau pasti apa yang melatarbelakiangi pemerintah palembang yang mengizikan banyaknya pemabagunan ruko abal-abal, yang pasti apabila ruko tersebut di bangun dengan sesuai tata ruang kota dan tidak mengangu tataan lingkungan itu merupaka hal yang baik. tapi,  kenyatannya pembangunan ruko banyak yang asal-asalan. bahkan tidak berpihak pada lingkungan.  parahnya  lagi karena hal tersebut menimbulkan masalah baru. contohnya sengketa lahan dengan masyarakat dan banyaknya hilang lapangan bermain anak-anak.

apapun yang terjadi yang pasti kita tidak ingin meliahat kota Palembang yang bergerak maju dan berkembang pada akhirnya akan sepreti kota besar-besar lain seperti Jakarta dan Bandung, dimana tata ruang  kota yang semerawut, macet dimana-mana dan banjir dikala hujan tiba. akan lebih baik apabila pemerintah kota Palemabang lebih cermat lagi dalam menata ruang di kota palembang dan lebih berpihak pada pembangunan kota yang hijau dan rapi. sehinga hal seperti macet dan banjir bisa di minimalisir.

No comments:

Post a Comment