Saturday, February 11, 2012

Alay (My Opinion)

assalamualaikum
sebenarnya penulis telah lama ingin membuat suatu articel (my opinion) tentang fenomena alay. yeah... alay merupakan fenomena umum yang terjadi dewasa ini. tidak diragukan lagi fenomena itu menjagkit para anak muda. secara definisi dan penjelasan alay masih simpang siur banyak versi yang beredar. ada yang mengatakan bahwa alay itu hal biasa, norak, blah-blah. dll.


tapi secara akademisi fenomena alay belum pernah diteliti dan dilihat dari perpective pengetahuan. karena hal terebutlah penulis sebagai seorang akademisi merasa perlu memberikan pandangan  atas fenomena tersebut. selain itu, bukan tidak mungkin  nanti di massa depan akan muncul  suatu  ilmu pengetahuan baru yaitu alayisme....lol just kidding

pada bagian pertama penulis akan memberikan beberapa definisi alay yang beredar di kalagan masyarakat indonesia dewasa ini,

1.alay adalah seseorang individu bergaya dan berpenampilan over, norak, meresahkan orang di sekitarnya karena kegiatan yang mereka lakukan tidak normal.

2. alay adalah seorang individu yang bertutur bahasa, menulis dan bertingkah laku aneh. seperti menulis tulisan yang sulit dibaca, pengunaan istilah - istilah aneh, bertingkah laku tidak seperti orang biasa pada umumnya

3. alay adalah individu yang meniru cara penampilan, pakaian, gaya hidup, bertutur bahasa dll  orang - orang di luar negeri sana secara berlebihan. padahal hal yang dititru adalah hal yang negatip.
    
4.alay adalah seorang individu yang tidak ada pendirian(emosi masih labil), seperti layaknya layangan ia terobang ambing mencari jati  diri.

5. alay adalah seorang individu yang bergaya sok tau, sok keren, sok exsist dll.  berlagak paling bisa, paling ok padahal ia nol besar.

6. alay adalah seorang individu yang biasanya mengexplorasi dirinya secara berlebihan di jejaring social. seperti membuat status yang tidak smemstinya di publish, mengupload fhoto seronok, aneh, membuat keresahan bagi orang banyak.

dari definisi diatas kita bisa tarik pengertian mengenai alay adalah  suatu perbuatan, tingkah laku, berpenampilan, bertutur bahasa  seorang individu yang  over. bahkan,  dapat meresahkan orang-orang di sekitar bila dilakukan secara berlebihan. di pengaruhi emosinya yang masih labil, serta personal caracteristicnya masih mencari jati diri dengan mengexplorasi potensinya.

kaitan fenomena alay dengan psikologi 
secara singkat pada disiplin ilmu psikologi ada istilah perkembangan anak itu terdiri dari beberapa tahap perkembangan, dimulai dari tahap perkembangan bayi, anak-anak, remaja, dewasa, tua dll. dan setiap perkembagan tersebut pastilah mengalami perubahan dimana individu tersebut mencoba mengexplorasi segala bentuk potensinya. segala bentuk explorasi yang dilakukan adalah suatu proses menuju tahap pematangan diri. 

adapun contoh seorang individu yang membuat status di jejaring sosial secara berlebihan dan seharusnya status tersebut tidak  dipublish. merupakan hal yang normal, setiap individu ingin dihargai dan ingin diperhatikan. secara harfiah manusia adalah makluk sosial dan sangat perlu namamya interaksi. bentuk-bentuk penyalurannya memang salah tapi hal tersebut merupakan suatu proses pembelajaran diri individu menuju kematangan character.

sama halnya gaya  berpakian hal tersebut juga normal terjadi. kita pastilah tahu dari zaman ke zaman gaya fasion anak muda selalu berubah-ubah dari zaman ke zaman. pada  70an hippie, 80 an rock n roll, 90an punk/grounge.dan seterunya. tidak ane pada zaman sekrang era korean dan japan menjadi hot karena memang itu adalah siklusnya.

dari tinjauan di atas dapat di katakan  bahwa setiap orang pastilah mengalami proses alayisme, karena hal tersebut lumrah dan memang merupakan suatu proses dari pematangan kararakter individu. adapun perbuatan yang dilakukan secara berlebihan itu juga merupakan cara-cara individu melatih diri menuju proses kedewasaaan.

kaitan fenomena alay dengan sosiologi
secara singkat pada disiplin ilmu sosiologi disebutkan manusia adalah makluk sosial. jadi, segala bentuk kehidupannya memerlukan interaksi dan bantuan orang lain. dari tinjauna diatas bisa dikatakan manusia adalah makluk yang harus saling bekerja sama, tolong menolong dan berinteraksi satu sama lain. terkait dengan  fenomena alay merupakan suatu proses sosial yang normal terjadi di masyarakat. 

kesimpulan 
sampailah kita pada tahap kesimpulan, menurut penulis fenomena alay adalah suatu fenomena yang biasa, hal tersebut bukan menjadi fenoemna yang baru. bahkan telah lama ada. disegala belahan dunia pasti setiap orang mengalaminya, baik ia kaya-miskin, tinggal di kota atau desa, jelek- ganteng dan banyak lagi tidak ada yang dapat menghambat proses tersebut. merupakan normal sifatnya karena secara harfiah setiap individu mengalami proses perubahan. dari tahapan perubahan dimulai  bayi, anak-anak, remaja, dewasa, tua dll. dan setiap prosesnya merupakan proses pembelajaran menuju kematangan caracter personal.

No comments:

Post a Comment