Saturday, December 17, 2011

Terima Kasih

assalamualaikum
actually today we are  lost  some basic value of  indonesian culture,  that is to say thanks. to day everybody is very hard to say "thanks". i dont know why? becouse of that, i wanna suggest for everyone to say thanks...use that word as value in all of your  life. 

terima kasih, sebuah kata yang simple mudah diingat mudah ditulis tetapi sangat sulit untuk direalisasikan dalam bentuk ucapan. secara umum terima kasih adalah suatu bentuk refleksi manusia memberikan apresiasi kepada seseorang terhadap sesuatu yang telah ia lakukan. tapi lebih dari itu ucapan terimah kasih sesunguhnya sangatlah komplek dan sangatlah relatif bila dilihat di berbagai sisi.



dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh Florida State University, Tallahasse. ternyata mengucapkan kata terima kasih bisa memberikan dampak psikologis positip terhadap orang yang menerima ataupun yang menyapaikan ucapan tersebut. serta dapat memperbaiki perilaku dalam hubungan antar manusia.

di indonesia sendiri, budaya mengucapkan terima kasih telah lama ada, dan telah menjadi nilai kesopanan masyarakat. sejak kecil kita telah diajarkan oleh orang tua kita, bahwa ucapakan terim kasih dapat diberikan terhadap apa saja yang telah kamu lakukan. baik itu engkau ditolong orang lain, mendapatkan pujian, mendapatkan penghargaan, ataupun menghormati seseorang. 

seiring berjalannya waktu ucapan terima kasih dewasa ini sangat jarang kita temui, walaupun di ucapkan atau dituliskan makna akan ucapan itu sangat relatif. memang benar makna dari ucapan terima kasih, hanya bisa diketahui sesunguhnya, oleh seseorang yang mengucapkannya. apakah ia dengan tulus memberikannya ucapan tersebut ataukah nya formalitas sekedar ucapan "basa-basi".

 masyarakat indonesia sekarang  telah melupakan arti penting ucapan terima kasih. banyak anak muda sekarang begitu "jaim" mengucapkannya. sekarang ini segala sesuatu yang seseorang dapatkan diangap bukan karena pertolongan orang lain tapi karena memang sudah tugasnya. contohnya apakah teman-teman pernah mengucapkan terima kasih kepada office boy yang telah membersikan kelas, menghidupkan AC, mengurus kelas dll. tentunya tidak, kalupun ada itupun sangat relatip. banyak yang beranggapan bahwa hal tersebut memang tugasnya dan ia pantas melakukannya.  

sekarang yangmenjadi buah pikiran semua orang adalah, apakah refleksi rasa terima kasih hanya dapat di experesikan lewat ucapan dan tulisasan saja? tentunya ada banyak hal yang dapat dilakukan. contoh seorang  pemain sepakbola, seperti Titus Bonai dengan lambaian tangan ia melambai-lambai di kerumunan suporter, perilaku tersbut memberikan makna bahwa ia mengucapkan terim kasih atas dukungan penuh suporter yang tiada hendi mendukung Tim Garuda Muda.

pemberian senyum kepada sesama, bertut kata sopan, berprilaku baik terhadap seseorang  juga memberikan indikasi rasa terima kasih. mungkin, teman-teman pernah disakiti orang atau pernah mendaptkan hal yang buruk. ucapkan saja terima kasih karena telah memberikan mimpi buruk kepada saya. dan tentunya dengan begitu anda telah memberikan respon terhadap hal yang buruk dengan rasa yang baik. walupun pastinya sakit di hati....ha ha ha

mungkin sudah sepatutnya segala aspek kehidupan kita diisi  dengan ucapan terimakasih.   marilah ucapakan terima kasih di dilakukan setiap perbuatan, tindakan, ucapan, dan tulisan.

TERIMA KASIH

No comments:

Post a Comment