Friday, September 30, 2011

Kata- kata pilihan BUNG KARO "wanita"

assalamualaikum...last night i am on the mood, so i decide to read book. then i find some interested book, then i decide read it and share in my blog. maybe this artikel could be usefull for everybody..

sukarno lahir tgl 6 juni 1901 di blitar, ia meningal di jakarta 21 juni 1970, ibu berasal daribali dan bapak dari jawa. sukarno adalah seseorang yang dual personality, intelektual dan pencinta seni, ia juga senang dengan hal-hal yang kongrit dan abstrak, hal-hal yang subjective dan objektive, hal-hal yang dibawa sadar dan tidak, kehidupan metaphisk dan phisik. orang yang pernah bergaul dengan bung karno pastilah mengetahui bahwa kabanggan yang paling tinggi adalah kepada bangsa dan negara indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangan seperti motto orang inggris "right or wrong is still my country". soekerno adalah seorang pemikir. jasadnya telah tiada tapi tetap selalu dikenang dan diingat oleh setiap masyrakat indonesia. orang asing menyebutnya "Bung Karno is tne founder of the refublic of Indonesia " kumpulan kata-kata pilihan Bung Karno, dipostkan untuk mengenang jasa dan pengorbanannya untuk Bangsa Indonesia.


1. tetapi pikiran saya melayang, melayang memikirkan satu soal-soal wanita. kemerdekaan! bilakah sarinah-sarinah mendapatkan kemerdekaan! tetapi, kemerdekaan yang bagai mana?.....kemerdekan yang dikhendaki feminismekah, yang hendak meyamaratakan perempuan dengan laki-laki? ataukah kemerdekaan Kartini? kemerdekaan ala Chadilah Hanum ? kemerdekaan ala Kollontay? (Sarinah)

2. sesunguhnya kita harus belajar insaf, bahwa soal masyarakat dan negara adalah soal laki-laki dan perempuan, soal perempuan dan laki-laki. dan soal perempuan adalah suatu masyarakat dan negara. (Sarinah)

3.dan kemanusiaan akan terus pincang, selama saf yang satu menindas yang lain. harmoni hanya akan tercapai, kalau tidak ada saf satu diatas yang lain, tetapi dua saf yang sama derajat, belajar satu sama lain, yang satu saling memperkuat yang lain. tetapi masing-masing memiliki koadratnya. (Sarinah)

4.perempuan itu tiang negeri, mankalah baik perempuan, baiklah negeri, manakalah rusak perempuan rusaklah negeri (Sarinah)

5. kaum laki-laki marilah kita memikirkan soal ini, dan marilah kita kita ikut memikirkan tentang perempuan sebab di masyarakat sekarang ini, saya melihat kadang laki-laki  terlalu main dipertuankan diatas soal-soal perempuan (Sarinah)

6. tiada masyarakat manusia satupun dapat berkemajuan, kalau laki dan perempuan yang satu tidak membawa yang lain. dan jaganlah masyarakat laki-laki mengira, bahwa ia dapat tumbuh subur, kalau tidak dibarengi oleh kemajuan masyarakat perempuan. (Sarinah)

7.janganlah laki-laki mengira, bahwa bisa ditanam kultur yang sewajar- wajarnya kultur, kalau perempuan dihinkan didalam culture tersebut. (Sarinah)

8. sungguh benar ucapan Charkes Fourier klau ia mengatakan : "bahwa tinggi rendahnya tingkat kemajuan suatu masyarakakat, adalah ditetapkan oleh tingih rendahnya tingkat kedudukan perempuan didalam masyrakat  tersebut." (Sarinah)

No comments:

Post a Comment